Jumat, 17 Desember 2010

Safety Document


Buat orang yang dipacu untuk selalu kreatif dan menghasilkan hal-hal yang fresh dalam pekerjaannya, pasti kita butuh mengide sesuatu yang out of the box. Dan kadang (sering sih sebenernya) kalau ide itu datang secara tiba-tiba di kepala. Biar gag menguap gitu ajah tuh ide, ada baiknya kita ikutan punya Little Black Book ala Yoris Sebastian si praktisi di bidang kreatif yang menginspirasi gwe untuk terus berkreasi. Nah, si llttle black book ini fungsinya mencatat secara detail semua ide yang terlintas di kepala kita.

Little black book atau notes ide ini gwe terapkan dalam kehidupan gwe, dan efeknya berasa banget bok! Dan amat sangat berguna. Seperti saat ngeliat sesuatu di jalan dan tiba-tiba kepikiran apaan gitu jadi tertuang rapi di notes itu. Dan jujur, berkat notes ini ide liar gwe bisa tercipta, otak gwe terus keasah dan desain-desain yang gwe hasilkanpun otomatis berkembang. Pokoknya, bawa kemanapun notes ini dan langsung tulis ide yang sedang terpikir saat itu juga dimanapun kapanpun.

Namun tiba-tiba gwe diceritain tentang salah satu temen yang kehilangan tas, dimana didalamnya ada little black book-nya dia. Dan parahnya lagi, disitu terselip skrip komik yang mau diterbitkan (with no back-up document). Waduh stress bener dah tuh gwe rasa dia. Well, gwe akhirnya menyadari bahwa back-up document itu penting banget. Untuk jaga-jaga dari hal-hal yang gag kita duga supaya kejadiannya kayak temen gwe tadi gag terulang sama gwe atau siapapun. Bisa ajakan kita lupa dan gag sengaja ninggalin gitu ajah tuh notes di meja starbucks?

Little black book ala gwe sendiri. Sampulnya gwe racik dari postcard buatan Vantiani, kertas jeruk dan beberapa logo Buttondreams yang dibalut sama plastik biar gag cepet robek atau rusak kalau ketumpahan air. Isinya sendiri dari kertas bekas pakai yang baru terpakai 1 sisi aja dan gwe jilid jadi satu. Kalau buku ukuran besar ini gwe pake untuk bikin moodboard atau nyimpen print-print-an yang gag mungkin kesimpen di litlle black book gwe yang mini.





  
Makanya mulai sekarang biasain yuk buat bikin back up document untuk hal-hal yang dirasa penting. Gag Cuma little black book aja tapi juga nomor telepon teman-teman atau sekedar sms-sms cinta penghilang rasa rindu yang ada di hape kita, hehehe. Nah, fotoin tuh lembar demi lembar ide kita yang ada di notes dan segera save di laptop. Trus burn ke CD untuk jaga-jaga kalau tiba-tiba tuh laptop kenapa-kenapa. Atau bisa juga bikin account di web yang menyediakan jasa penyimpanan data. Untuk web penyedia jasa ini gwe blon tau apaan, jadi mesti gugling dan tanya mbak Wiki dulu. Hehehe…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar